Menggunakan Menu Format Cells Excel

Diposting oleh: singgih

Microsoft excel menjadi aplikasi pengolah angka yang favorit. Sofware aplikasi dengan tampilan kotak-kotak ini digunakan sebagai pengolah data. Untuk menyajikan data yang menarik kita bisa menggunakan menu format, yakni untuk mengatur ukuran font, jenis font, warna font, perataan teks, dll. Dalam pembahasan kali ini akan membahas menu format cells yang sering saya gunakan. Saya lebih senang mengatur tampilan di excel menggunakan klik kanan --- format cells. Di dalam format cell ini terdapat menu utama yaitu, Number, Aligment, Font, Border, Fill dan Protection. Untuk lebih jelasakan saya coba uraikan menjadi beberapa nomor sebagai berikut:

1. Menampilkan menu Format cells

Untuk menampilkan menu format cells, kita tempatkan kursor pada cells yang akan diatur, atau pada range (kumpulan beberapa cells) dengan cara di blok. Kemudian kita klik kanan ---- pilih format cells
menu format cells excel

2. Menu Number pada Format Cells

Pada menu number untuk mengatur isi dalam sebuah cells. Terdapat beberapa kategori seperti berikut:
General: Umum
Number: Untuk menampilkan tampilan angka seperti berapa digit angka di belakang koma. Selain itu untuk memberi jarak dengan tanda titik (.) atau tergantung format mata uang, dimana setiap ribuan akan di kasih tanda pemisah titik.
Currency: Digunakan untuk menampilkan format mata uang, seperti Rp kalau Indonesia, dll.
Accounting: Fungsinya hampir sama dengan Accounting.
Date: Untuk mengatur tampilan tanggal. Tampilannya tinggal pilih tipenya dan untuk bahasa jangan lupa tetukan locationnya.
Time: Untuk mengantur tampilan jam. Untuk tipenya menyesuaikan lokasinya, kalau format di Indonesia lebih sedikit, hanya ada format 24 jam, dengan tanda pemisah titik dua (:). Kalau mengginkan format lain bisa tentukan Lokasi negaranya, misalnya US, disana bisa ada forma AM dan PM.
Percentage: Untuk membuat tampilan dan menghitung persen (%), tapi bukan untuk menambah tanda persen. Misal kita menulis 50, makan akan menjadi 5000%
Fraction: untuk ini saya belum begitu paham
Scientific: untuk ini saya juga belum paham
Text: Ini digunakan untuk menjadikan fomat teks. Misal jika menulisakan angka 5000, ini bukan menjadi angka, hanya jadi tek. Ketika kita menggunakan rumus matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, maupun yang laiinya tidak akan bisa.
Special: untuk hal ini saya kurang paham
Costum: Untuk menampilkan secara costum, atau modifikasi dari beberapa format bisa digunakan. Misalnya fomat tanggal dan waktu secara detalil bisa digunakan. Berikut ini kode yang sering saya gunakan: d adalah hari/tanggal, m adalah bulany adalah tahun. Jika kita mengiginkan format seperti: Rabu, 30 Maret 2016 maka kode yang dituli sebagai berikut: dddd, dd mmmm yyyy
Menu Number pada Format Cells

3. Menu aligment format cells

Menu alingment ini digunakan untuk pengaturan perataan teks, yaitu rata kiri, kanan, tengan, atau kiri kanan. Disini ada text control yaitu.
Wrap text: Bila teks panjang dan melebihi lebar colom gunakan fitur ini, dengan ini teks akan diteruskan dibawahnya, dan otomatis baris akan melebar.
Srink to fit: dengan ini ukuran tulisan akan menyesuaikan lebar colom.
Marge cells: Ini jika akan menggabungkan beberapa kolom untuk sebuah tulisan.
menu aligment format cells excel

4. Menu font format cells

Di menu ini kita bisa mengatur jenis font, warna font, ukuran font, dan gaya font. Terdapat juga strikehrough untuk mencoret teks, Superscrip untuk menulis teks diatas (Misal nulis rumus kima oksigen O2, angka 2 nya diatas. Subcrip digunakan unuk menuls teks dibawah (Misal untuk menulis rumus kima uap air H2O , anga 2 nya kecil di bawah.
menu font format cells excel

5. Menu Border format cells.

Di menu ini kita bisa membuat border pada sebuah tabel. Saya sering menggunakan fitur ini, disini kita bisa memilih gaya garis sesuai keperluan. Baca juga bagaimana saya membuat border pada daftar nilai agar lebih menarik pada postingan lalu. Disini kita juga bisa memilih warna border.
Menu Border format cells

6. Menu fill Format Cells

Pada menu ini kita bisa gunakan untuk memberi warna pada sebuah cells atau range. Kalau di icon yang ditampilkan di home, hanya bisa satu warna. Ketika menggunakan menu di format cells, kita bisa menggunakan warna lebih menarik lagi dengan fill Efeect seperti perpaduan dua warna/gradien, dan pattern. Saya sering menggunakan menu ini untuk mempercantik tampilan aplikasi berbasis excel.
Menu fill Format Cells

7.  Menu protection format cells

Menu protection ini sangat penting bagi pembuat aplikasi berbasis excel. Selain untuk agar pengguna tidak mengubah seenaknya aplikasi yang telah dibuat dengan lama. Tetapi yang lebih penting dari pembuat aplikasi fungsi utama dari protection aplikasi adalah untuk melindungi rumus/formula yang digunakan agar tidak rusak, yang tentunya bisa membuat aplikasi tidak berfungsi dengan baik. Terdapat dua menu locked untuk mengunci, dan hidden untuk menyembunyikan. Protection ini akan berfungsi jika sheet sudah di proteksi terlebih dahulu. Postingan lalu telah membahas cara protect dan uprotect sheet maupun worksheet.
menu protection format cells

Demikianlah menu-menu format cells pada excel 2007 sering saya gunakan, dan tentunya bisa saya sampaikan hingga postingan ini dapat terbit. Baca postingan sebelumnya tentang menu view pada excel. Semoga postingan-postingan tentang excel ini bisa bermanfaat untuk pemabacanya.



Deuniv Blog Updated at: 22:24

1 komentar:

  1. maaf OOT mau nanya cara gampang ganti currency biar jadi default soalnya malas tiap bikin hitungan selalu nyari nyari simbol rupiah

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...