Menggunakan Penyingkat Link URL goo.gl

Diposting oleh: singgih

Dalam dunia internet atau sosial media, mungkin kita sering menjumpai link url atau alamat website yang sangat pendek. Itu merupakan link url yang telah di singgat melalui situs penyedia short link/url. Ada banyak penyedia short url/link ataupun penyingkat link. Dan beberapa ada yang berbayar, dibayar dan gratis. Ada bermacam-macam tujuan menyingkat url, sepertihalnya menyembunyikan link asli, menyingkat, atupun untuk keperluan mengarahkan ke iklan terlebih dahulu. Kesempatan ini saya akan mencoba memilih goo.gl untuk menyingkat url karena merupakan faasilitas gratis dari google yang tentunya terpercaya selain itu berikut ini beberapa  kelebihan goo.gl :
  1. Short link akan cepat dibuka menuju halaman sebenarnya karena tidak melalui iklan seperti URL shortener yang membayar.
  2. Menghindari link spam ke URL halaman yang sebenarnya. Google bisa mendeteksi url yang berbahaya.
  3. Menurut penjelasan Google, link pendek yang dibuat tidak akan pernah berakhir kecuali harus dihapus karena spam, privasi, atau alasan hukum.
  4. Link panjang dapat di buat ringkas akan menjadi URL pendek yang unik dan mudah diingat semua orang terutama jika di share di Twitter. Karena Twitter membatasi jumlah karakter di kotak tweets/sharing massage.

Dan berikut ini adalah cara menggunakan penyingkat url goo.gl. Sebagai contoh saya akan menyingkat url dari google drive, sebelumnya kita telah mengupload file di google drive yang urlnya cukup panjang.

1. Buka alamat link https://goo.gl/

2. Masukna link panjang ke kotak yang tersedia kemudian pilih shorten url setelah itu kan muncul link yang lebih pendek. Copy paste link tersebut untuk dibagikan di media sosial atau keperluan lainnya
menyingkat link url menggunakan goo.gl

3. Kita bisa membuka menu details untuk melihat statistik link yang telah di singkat tadi, seperti jumlah klik. Selain itu goo.gl juga menggenerate link tersebut menjadi gambar barcode qrcode yang bisa discan menggunakan smart phone, maupun barcode scanner.
detail link goo.gl

Mungkin Anda tertarik melihat video: Panduan Android Pemula
 https://www.youtube.com/playlist?list=PLNXGdxCAPzCRRUFyNvvo_ux4ZqQ3Na9Qb

Itulah cara menggunakan penyingkat goo.gl Baca juga bagaimana menggunakan google form untuk kuesioner online.  Dan Media Penyimpatan Onnile Google Drive. Semoga bermanfaat



Deuniv Blog Updated at: 11:36

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...