Membuat Nomor Halaman Pada Excel

Diposting oleh: singgih

Dalam kegiatan adminstrasi kantor, ataupun untuk kegiatan laporan kita sering menggunakan microsoft excel. Agar tidak salah dalam pengurutan pembacaan ataupun saat membendel dokumen maka kita perlu memberikan nomor halaman. Untuk penomoran halaman di microsoft excel agak berbeda dibandingkan di microsoft word, akan tetapi fiturnya lebih keren, seperti pemberian nama file otomatis, jam otomatis saat dicetak, bahkan patch atau lokasi penyimpan file di komputer tersebut. Fungsi ini juga telah saya gunakan pada aplikasi daftar nilai yang sudah diposting sebelumnya.

Untuk membuat nomor halaman pada dokumen microsoft excel, Anda dapat menggunakan langkah sebagai berikut:

1. Klik Insert --- Header & Footer
Insert Header & Footer

2. Setelah itu akan muncul menu-mentu, untuk membuat nomor halaman di bawah maka kita klik dahulu Go to Footer ---- lalu klik Page Numbers
Go to Footer Page Number

3. Setelah itu akan muncul tulisan &[Page] , nah itu merupakan nomor halaman, jika kita ingin menambahkan total halaman maka kita pilih Number Of Page. maka akan muncul &[Page] &[Pages]. Supaya lebih bagus kita beri teks "Dari" sehingga menjadi &[Page] Dari &[Pages] . Anda juga bisa menulisakan rumus &[Page] Dari &[Pages] secara manual.
insert page di excel

4. Selain fungsi nomor halaman, kita juga bisa menambahkan informasi lainya seperti:
Current Date: Untuk Tanggal. Penulisannya: &[Date]
Current Time: Untuk Jam. Penulisannay: &[Time]
File Path: Menampilkan Lokasi file di komputer. Penulisannya: &[Path]&[File]
File Name: Menampilkan Nama File. Penulisannya &[File]
Sheet Name: Menampilkan Nama Sheet. Penulisannya: &[Tab]
Anda bisa mengkobinasikanya sesuai kebutuhan. Sebagai contoh saya sertakan gambar berikut ini:
header footer nama file dan waktu tanggal
Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyaksikan video tutorial berikut ini: Cara membuat nomor halaman pada excel

Begitulah cara untuk memberi nomor halaman pada microsoft excel maupun header dan footer. Mudah bukan? dengan begitu dokumen yang kita cetak melalui excel yang disertai halaman maupun informasi lainnya dapat dipergunakan dengan baik, seseuai keperluan. Baca juga tulisan: Membuat Spin Button Ms Excel. Demikanlah postingan kesempatan ini, semoga bermanfaat



Deuniv Blog Updated at: 08:09

1 komentar:

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...