Memproteksi Worksheet dan Workbook Excel

Diposting oleh: singgih

File excel adakalanya kita memproteksi agar file excel kita tidak bisa diubah sembarangan, baik isinya dan lain-lain. Terlebih bahwa file tersebut adalah aplikasi yang bisa dimanfaatkan orang lain. Tujuan proteksi adalah untuk menjaga formula atau rumus-rumus yang ada supaya tidak berubah akibat ketidaktahuan ataupun ketidaksengajaan pemakainya. Disamping itu pemberian password juga berguna agar aplikasi itu tidak diklaim seenaknya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dikarenakan membuat sebuah aplikasi diperlukan waktu, tenaga, dan pikiran, hhehee. Tanpa panjang lebar saya coba menunjukan cara memproteksi excel.

1. Memberi password pada sheet.

Worksheet atau Spreaadsheet atau Sheet adalah merupakan lembar kerja elektrnik yang ditampilkan di layar monitor. Worksheet terdiri kolom dan baris. Untuk memberi password kita klik kanan Sheet >>> Protect Sheet >>> Masukan Password >>>> OK. Untuk membuka password sheet pilih Unprotect.

Cara Protect Sheet

 
cara Protect Sheet

2. Memberi passwor pada workbook

Pada Microsoft excel, semua file adalah merupakan workbook. Satu workbooks disiapkan secara otomatis pada saat menjalankan Microsoft Excel. Pada satu workbook bisa memuat beberpa worksheet.

Untuk memberi password workbook pada Microsoft Excel 2007 pilih tab menu Review >>> Protect Workbook >>> Masukan password >>> Masukan kembali kemudian OK.

Protect Workbook pada excel
cara Protect Workbook structure

Apabila kita memberi password pada workbook maka kita tidak bisa lagi mengubah nama sheet maupun menammbah sheet.
workbool diberi password sehingga tidak bisa ubah nama sheet

Nah begitulah cara memproteksi file excel, sebelumnya kita telah memproteksi dengan memberi password pada filenya. Memberi Password pada File Excel atau Word

Video tutorial: Protect Unprotect Sheet

Sekian, sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Semoga bisa bermanfaat.



Deuniv Blog Updated at: 03:24

1 komentar:

  1. aplikasi raport gratis, tapi di duitin... hadeuh.. kuple

    BalasHapus

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...