Menggunakan google form untuk kuesioner online

Google form adalah fasilitas gratis dari google yang bisa kita gunakan untuk survey atau membuat kuesioner online. Untuk lebih memahami langsung saja kita buat form online google form.



membuat google form baru
1. Kunjungi https://docs.google.com/forms/
Kemudian Isi / Ubah


pilihan gandan google form
2. Kali ini saya akan membuat kuesioner untuk survey pengunjug blog. Saya akan menanyakan pekerjaan anda dengan pilihan ganda.
tambahan item teks google form
3. Setelah pilihan ganda, tambahkan item >> Teks
item teks untuk nama
4. Saya akan meminta data nama pengunjung. Tapi ini tidak wajib diisi maka pilihan Pilihan Wajib tidak usah dicentang.
Selanjutya kita lemngkapi kesioner yang dibutuhnan dengan menambahkan item yang sesuai
menentukan tanggapan kuesioner
5. Selanjutnya kita akan membya halaman konfirmasi. Ada tanggapan dan pilihan lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan. Halaman ini akan muncul setelah kuesioner berhasil dikirim.
menu pilihan tanggapan google form
6. Saya membuat laman konfirmasi dengan tanggapan, Terima kasih telah berkenan mengisi kuesioner ini. Kemudian saya memilih pilihan Publikasikan dan tampilkan tautan hasil supaya pengisi kuesioner bisa melihat hasil kuesioner. Setelah semuanya sudah kita pilih Kirim Formulir untuk menyelesaikan pembuaan kuesioner online ini
link google form telah jadi
7. Kuseioner telah berhadil dibuat. Link kuesioner silahkan dicatat/dicopy dan bisa kita sebarkan. Kita juga bisa menyematkan kedalam halaman website dengan memilih Sematkan.
menyematkan google form halaman website
8. Makan anan munul kode yang pilihan ukuran. Kode tersebut kita copykan ke halaman website atau blog. Saya menyematkan google form yang telah dibuat ini kedalam postingan ini, dan saya sematkan di bagian bawah.
option short url google form
9. Kita juga bisa menyingkat url yang panjang secara otomatis memakai penyingkat url goo.gl

pilihan tema layout google form
10. Kita bisa juga memilih tema layout kuesioner, sesuaikan dengan selera masing-masing

menu untuk melihat tanggapan google form
11. Kita juga bisa melihat laporan hasil kuesioner, kita puluh menu Lihat Tanggapan.
untuk mengetahui tanggapan google form
12. Akan ditampilkan laporan kuesioner seperti data excel.

tampilan halamann setelah mengisi google form
13. Karena sebelumnya kita telah menyeting tanggapan. Maka gambar diatas adalah halaman tanggapan setelah pengisi kuesioner mengirimkan jawabannya. Pengisi kuesioner diizinkan untuk melihat respon sebelumnya.
pengisi kuesioner diizinkan melihat hasil google form
14. Gambar diatas adalah tampilan tanggpan respon google form.

Dan berikut adalah link kuesioner yang telah saya buat sebelumnya:
http://goo.gl/forms/zmdQmJgrUJ

Berikut ini hasil sematan kuesioner google form 
karena iframe mengurangi skor seo, maka tidak saya sematkan, kunjungi saja http://goo.gl/forms/zmdQmJgrUJ

Dan stelah itu kita bisa publikasikan lewat link yang ada, ataupun menyematkan ke halaman blog kita.
Google form ini sangat munkin bisa juga dipakai buat guru untuk media pembelajaran, atau membuat soal secara online, dengan pilihan jawaban tentunya, nanti siswa bisa mengisi form tersebut, dan kita bisa lihat hasilnya ke dalam format excel. Apabila kita sudah tahu jawaban siswa kita bisa olah melalui excel untuk mencocokan dengan kunci dan memberikan nilai.

update postingan 1/1/2018
google form telah suport untuk quis, sehingga nilainya bisa langsung muncul otomatis. berikut ini salah satu contohnya https://goo.gl/forms/j9mIcloqR3QdekiJ2



Sekian postingan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat

Baca juga: Tips Melakukan Pencarian di Google












7 Komentar untuk "Menggunakan google form untuk kuesioner online"

  1. Maaf, saya bingung kenapa google form yg saya buat bisa dipublikasikan tapi responden tidak dapat mengirim kuesioner nya ke saya
    Jadi saya tidak menerima tanggapan
    Bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya kalo bisa di publikasi ya bisa diisi, boleh coba linknya? (respon cepat hubungi kontak, karena tidak selalu online)

      Hapus
    2. Boleh minta kontak nya admin ?

      Salam admin, saya sudah ke laman download aplikasi raport dan muncul utk mengisi form ini https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScRI5EqCzEe5bp_WRkIpfsiVCPHHFNgFiLfgwaLjoDHxhaP7w/viewform?c=0&w=1
      (Data Statistik Pengunjung Blog), saya sudah mengisinya atas nama Marlinawati (Guru) asal Aceh. Mohon dikirim aplikasi rapor utk kelas 5 sd nya via email saya khalidinulihsan@gmail.com
      Terima Kasih admin.

      Hapus
    3. Boleh minta kontak nya admin ?

      Salam admin, saya sudah ke laman download aplikasi raport dan muncul utk mengisi form ini https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScRI5EqCzEe5bp_WRkIpfsiVCPHHFNgFiLfgwaLjoDHxhaP7w/viewform?c=0&w=1
      (Data Statistik Pengunjung Blog), saya sudah mengisinya atas nama Marlinawati (Guru) asal Aceh. Mohon dikirim aplikasi rapor utk kelas 5 sd nya via email saya khalidinulihsan@gmail.com
      Terima Kasih admin.

      Hapus
  2. semoga bermanfaat, terima kasih atas aplikasinya.

    BalasHapus
  3. Salam admin, saya sudah ke laman download aplikasi raport dan muncul utk mengisi form ini https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScRI5EqCzEe5bp_WRkIpfsiVCPHHFNgFiLfgwaLjoDHxhaP7w/viewform?c=0&w=1
    (Data Statistik Pengunjung Blog), saya sudah mengisinya atas nama Marlinawati (Guru) asal Aceh. Mohon dikirim aplikasi rapor utk kelas 5 sd nya via email saya khalidinulihsan@gmail.com
    Terima Kasih admin.

    BalasHapus
  4. Salam. saya sudah mengisi form di https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScRI5EqCzEe5bp_WRkIpfsiVCPHHFNgFiLfgwaLjoDHxhaP7w/viewform?c=0&w=1
    Atas nama Royani Sanusi I.F., guru SD Negeri Situpete Kec. Tanah Sareal Kota Bogor, Jawa Barat. email : tunaharta.tunaharti@gmail.com.
    Mohon dikirim aplikasi raport sd kelas 5. Terimakasih.

    BalasHapus
Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel