Aplikasi Links Operator Sekolah

Asslamaualaikum wr. wb. Semoga rekan operator sekolah selalu dalam lindungan Allah SWT. Pada kesempatan ini saya ingin share aplikasi kecil yang saya namakan Links Operator Sekolah. Aplikasi ini sebetulnya hanya kumpulan link-link yang sering diakses oleh operator sekolah. Disini saya juga menambahkan salah satu perintah di cmd yaitu bernama ping. Ping sering digunakan untuk mengecek koneksi internet. Seperti yang kita tahu bahwa koneksi internet yang lancar dan stabil bisa mendukung kelancaran pada saat sinkronisasi dapodik. Ping bisa kita lakukan dengan membuka aplikasi CMD pada komputer kita. Setelah terbuka kita ketikan perintah Ping www.google.com-t lalu tekan enter maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.



Maksud dari  keterangan yang muncul pada cmd bisa kita lihat di google :D, dari pada ribet saya copaskan saja sekalian saya juga belajar. Copas dari http://yuda-tkj2010.blogspot.com/2013/06/apa-itu-ping-fungsi-ping.html dengan sedikit diubah sesuai selera



Pinging www.google.com [72.14.203.104] with 32 bytes of data:

Reply from 72.14.203.104: bytes=32 time=1010ms TTL=244
Reply from 72.14.203.104: bytes=32 time=977ms TTL=244
Reply from 72.14.203.104: bytes=32 time=597ms TTL=244
Reply from 72.14.203.104: bytes=32 time=375ms TTL=244

Ping statistics for 72.14.203.104:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 375ms, Maximum = 1010ms, Average = 739ms


Arti dari pesan tersebut komputer yang digunakan untuk melakukan PING ke www.google.com terhubung ke internet. Dengan statistik 4 paket PING atau ICMP terkirim, dan menerima 4 paket PING, kehilangan paket 0, perkiraan perjalanan paket dalam mili second, lama waktu perjalanan paket paling cepat 106 ms, paling lama 556 ms, dan rata-ratanya = 106 + 534 + 556 + 476 = 1672 , 1672 dibagi 4 = 418 ms, dalam perhitungan sistem Windows dijadikan 418 ms. arti dari round trip adalah perjalan paket PING dari komputer yang digunakan untuk melakukan PING, kemudian ke host server www.google.com kembali lagi ke komputer client, atau secara sederhana diartikan perjalanan pulang pergi.


Mengecek kualitas koneksitivitas jaringan
Ketika melakukan PING ke sebuah host akan muncul statistik paket lost, jika jaringan yang digunakan dalam keadaan bagus maka paket loss = 0 (0 % loss) atau (nol persen)


KETERANGAN YANG MUNCUL PADA PING

Time
Time pada sebuah paket PING mengindikasikan ketersediaan bandwidth yang disediakan untuk paket PING, jika bandwidth PING habis maka statistik dari time, akan semakin besar. pada contoh diatas keadaan paling buruk adalah 1010 ms. biasanya ISP mengalokasikan bandwidth khusus untuk PING ini.

TTL
TTL singkatan dari Time To Live, adalah sebuah ukuran yang menunjukkan identitas sebuah host, nilai PING dari Windows adalah 128, artinya jika TTL 128 sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP, untuk mencobanya silakan Anda melakukan PING localhost. di command prompt. setiap melewati 1 router TTL akan di kurangi 1 paket. pada contoh diatas TTL dari www.google.com adalah 55. aslinya tidak 55 berhubung melewati banyak router sehingga sisanya tinggal 55. Seorang administrator handal sebuah paket PING yang melewati router, sang administrator dapat melakukan pengubahan nilai dari TTL ini menjadi nilai-nilai tertentu.

Bytes
Secara default ukuran paket ICMP PING adalah 32 bytes, Anda dapat mengubahnya dengan memberikan opsi ukuran. Opsi ukuran dapat diganti dengan perintah -l (besar bytes). Contoh: ping google.com -l 16

PENGATURAN ADVANCE UNTUK PING
Untuk mengetahui pengaturan lebih lanjut tentang fungsi ping, dapat diperoleh dengan cara mengetik script berikut:
ping /? (pada CMD)
Kalau di aplikasi pakae perintah ping -t



Dari keterangan di atas kita sudah mengetahui fungsi dari ping, di aplikasi ini kita tinggal klik aja. Ada dua pilihan ping yaitu ping ke google dan ping ke web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. Kemunkingan untuk web dapodikdas tidak bisa di ping, tapi sebenarnya kalau saya perhatikan web tersebut bukan server utama saat kita melakukan sinkronisasi. Hal itu bisa kita lihat di netstat pada aplikasi CMD, saat kita melakukan sinkronisasi, terlihat ada ip lain.

Di aplikasi ini juga menambahkan link untuk membuka aplikasi lain diantaranya:
-    Pengaturan jam pada komputer
Pengaturan jam pada komputer yang sesuai diperlukan dalam dapodik kan?
-    Task Manager
Untuk melihat aplikasi yang aktif, kita bisa mengurangi beban komputer kita supaya tidak berat, sehingga dalam pengerjaan dapodik atau yang lain bisa lebih cepat respon komputer /aplikasi.
Dan berikut beberapa screan shoot dari aplikasi links operator sekolah:

Tampilan Menu Aplikasi OPS


Jika berminat silahkan klik tautan di bawah ini:
Versi Portable OPS LINKS : Langsung bisa di buka, bisa disimpan di flashdisk
Versri Installer OPS LINKS: Membuat shortcut pada dekstop, sehingga memudahkan ketika hendak membukanya.  
Cara: Membuat File Installer Menggunakan WinRAR
Ket: Smadav menganggap ini virus, jadi abaikan saja jika ingin membuka aplikasi ini
=================
UPDATE

APLIKASI LINK OPS 2017 (klik disini)

Demikian yang bisa saya sampaikan, banyak kekurangan mohon maaf, semoga bermanfaat...

3 Komentar untuk "Aplikasi Links Operator Sekolah"

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel