Patch Dapodikdas 303

Menampilkan informasi aplikasi dapodikdas dan hal lain
tampilan dashboard dapodikdas 3.0.3
Kemdikbud telah merilis patch dapodikdas 303 yang muncul terkait pemberlakuan kurikulum pada sekolah. Berikut ini adalah informasi Patch 3.0.3 Dapodikdas yang bisa kita lihat pada website resmi dapodikdas http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/.



Informasi Dapodikdas Patch 3.0.3

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014, tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan 2013, bahwa bagi sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 selama 3 semester dapat melanjutkan menggunakan Kurikulum 2013, bagi yang baru menerapkan 1 semester kembali menggunakan Kurikulum 2006. Untuk memfasilitasi peraturan tersebut kami telah menerbitkan Patch 3.0.3 pada aplikasi Dapodikdas dengan perubahan fitur sebagai berikut:
  • Kurikulum 2013 pada tabel pembelajaran hanya dapat dipilih oleh sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 selama 3 semester.
  • Bagi sekolah yang baru menerapkan Kurikulum 2013 selama 1 semester secara otomatis pada tabel pembelajaran hanya ada satu pilihan yaitu Kurikulum 2006
  • Operator sekolah segera melakukan update data Dapodik terutama pada tabel pembelajaran dengan menggunakan patch 3.0.3 yang dapat diunduh di laman web http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  • Operator sekolah segera melaporkan perubahan atau update data dapodik kepada kepala sekolah untuk dapat ditindaklanjuti terhadap pembagian tugas mengajar guru berdasarkan penggunaan kurikulum di sekolahnya.

 Cara Pengunaan Aplikasi Dapodikdas 3.0.3

Setiap peluncuran aplikasi terbaru dapodikdas, kemdikbud juga menerbitkan buku manual aplikasi dapodik. Dari versi keversi panduan tersebut juga semakin lengkap. Dan untuk panduan dapodikdas 303 ini saya lihat juga sangat membantu karena ditampilkan juga gambar atau screen shoot ditiap langkah. Buku panduan ini juga telah tersedia lengkap bagaimana cari cara Instal Patch 3.0.3, Entry atau edit pembagian jam pada rombel, sinkronisasi dan juga cara sinkronisasi ofline jika tidak bisa menggunakan sinkronisasi online. Buku manual dapodikdas silahkan download pada link http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/dload/Manual_303.pdf


FAQ dan Tips Patch Dapodikdas 3.0.3

FAQ adalah singkatan dari Frequensi Ask and Questian berisi hal yang sering ditanyakan pada aplikasi dapodikdas 3.0.3. Kalau saya bilang adalah rangkuman singkat pedoman aplikasi 303 ini, yang bisa di unduh melalui link http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/dload/FAQ_303.pdf . Apabila ada trouble atau masalah yang belum termuat pada Pedoman dan FAQnya bisa kita sampaikan pada helpesk dapodik atau biasanya juga melalui grup facebook Info Pendataan Ditjend Dikdas. Bisa juga langsung kepada melalui akun facebook para Admin dapodikdas yang tentunya sangat senang untuk membantu rekan-rekan Operator Sekolah. Masukan dari rekan-rekan Operator Sekolah akan ditambahkan pada FAQ selanjutnya dan bisa juga dapat membuat aplikasi Dapodikdas ini menjadi lebih canggih dan user friendly sehingga bisa menjadikan database kemdikbud menjadi valid dan berkualitas yang akan digunakan untuk menjadi sumber dalam mengambil kebijakan dari pimpinan kita.
 

Download Patch Dapodikdas V 3.0.3

 Setelah kita mendapatan informasi dan panduan tentang dapodikdas 3.0.3, selanjutnya kita langsung action, atau mau menunggu perintah kepala sekolah? tentu tidak kan :p, kita telah ditugasi sebagai operator sekolah ya jika ingin jadi operator sekolah yang baik hati dan tidak sombong, kita sudah bisa langsung action. Hal ini juga untuk mengantisipasi date line / dead line ya... pokoknya itu deh,, detlen.. :) yang seperti yang sudah-sudah akan terjadi peningkatan trafik pada server, sehingga ketika melakukan sinkron jadi berdesak-desakan. Langsung action download patcth 303
bagan prosedur awal penggunaan dapodikdas v 303
prosedur awal penggunaan dapodikdas v 3.0.3

Update  Versi Terbaru Dapodikdas

Aplikasi dapodikdas adalah aplikasi yang dikembangkan kemdikbud untuk membangun sebuah sistem pendataan. Data yang berkualitas tentunya sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sebuah organisasi atau instansi. Suatu kebijakan yang baik tentunya bisa tercipta apabila didukung dengan data yang baik juga. Tim IT kemdikbud pastinya akan selalu megembangkan aplikasi dapodikdas hingga tanpa batas. Saya rasa juga cukup bagus karena dapodikdas ini dibuat, dirancang dari awal oleh tim IT terbaik kemdikbud. Dengan memiliki sistem sendiri, termasuk alat-alat sendiri ini sangat baik untuk jangka pangjang tetang sistem pendataan kemdikbud. Terkait dengan hal itu Sekolah yang menugasi operator sekolah bisa mengunjungi secara berkala di website resmi maupun alternatif grup facebook Info Pendataan Ditjen Dikdas untuk mermperoleh informasi tetang update aplikasi. Informasi update aplikasi juga akan otomatis muncul ketika kita membuka aplikasi dapodikdas kita dalam keadaan online terkoneksi dengan server dapodik.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan, salam satu data berkualitas, banyak kurangnya mohon dimaafkan. Semoga apa yang dilakukan operator sekolah juga dihitung sebagai amal kebaikan, Amin.

ref: grup fb Info Pendataan Ditjen Dikdas

Belum ada Komentar untuk "Patch Dapodikdas 303"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel