Memanfaatkan Database Dapodik di Sekolah

Diposting oleh: masinggih

Dapodikdas sebuah akronim dari Data Pokok Pendidikan Dasar. Dapodikdas lebih dikenal dengan sebuah aplikasi pendataan. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bagaimana data tersebut memang menjadi sebuah database untuk sebuah sekolah. Apabila kita sudah mengentrykan dataadapodik dengan baik maka sebetulnya itu memberikan keuntungan yang besar. Suatu saat kita membutuhakn data ataupun akan membuat administrasi yang lain seperti administrasi uts, uas, ukk dll kita tinggal mengkopi paste dari data dapodik.  

 Pada aplikasi dapodik menyedikan fasilitas eksport ke data excel. Dengan begitu kita bisa gunakan untuk keperluan yang telah saya sebutkan tadi. Karena data tersebut satu sekolah dan tidak urut munkin ini yang menjadi persoalan. Untuk hal ini kita pergunakan saya fasilitas shorting pada excel. Untuk jelasnya akan saya tampilkan tampilan gambarnya.
PERHATIAN, BAGI YANG SUDAH TAHU JANGAN LANJUTKAN BACA, PASTI BOSEN DEH,,,  :)


1.       Unduh  / Eskport datanya dahulu dari dapodik. Sudah tahu letak tombolnya kan,, ?

2.       Buka file excel tersebut, kalau ditempat saya muncul dialog seperti ini, ndak tau kalau dapodik di tempat temen2,, kayaknya sich sama.

3.       Setelah di buka taraa,,, muncul deh data-data yang pernah kita entry di dapodik. Tapi sayang saya belum mengentry data NIS (Nomor Induk Sekolah).  Pertama di buka data akan diurutkan berdasarkan nama peserta didik. Kita akan memngambil data sebuah kelas misal kelas III. Bagai mana caranya? Lanjut....

4.       Apaan lagi ya? Hmm . Kita blog aja baris kolom atau range cell , seperti gambar di bawah ini. Lalu kita pilih menu Short & Filter – Filter.

5.       Selanjutnya kita kita sudah dapatkan data yang diurutkan dengan mengklik tanda segitiga kecil ada sudut kolom kelas, pilih short a to z.  Karena kita akan mengambil data kelas III, kita copykan data yang kelas III ke sheet baru atau lembar kerja baru, untuk nantiknya kita gunakan untuk keperluan tertentu.


6.       Sekian, semoga bermanfaat


https://youtu.be/LpxTxkOLl4E



Deuniv Blog Updated at: 21:47

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...