Langkah-langkah setelah Pacth 207 Dapodikdas Rilis

Begitu antusiasnya para operator sekolah yang mengunggu kemunculalan pacth dapodik v 207 yang saya rasakan di beberapa hampir semua grup operator sekolah mupun dapodikdas. Untuk itu saya akan memposting ulang arahan dari salah seorang teman, bisa dikatakan tempat saya meminta arahan atupun postingan-postinganya yang selalu saya ikuti. Berikut adalah salah satu postingan yang saya posting ulang sesui bahasa saya sendiri. karena kalo langung copas namanya ga kreatif kan... tapi mudah2 isinya masih sama dengan postingan aslinya

==================================================================

1. Pastikan tanggal komputer dalam keadaan sebenarnya.
Mungkin saja anda telah mencoba untuk mengubah tanggal agar aplikasi 206 tidak expaired, atau karena hal lain.

2. Install pacthnya dengan cara klik kanan run as administrator (jika wins 7 dan 8)
Dengan menggunakan run as administrator maka aplikasi diijinkan untuk memperoleh semua akses komputer kita.


3. Sebelum login tekan tombol Ctrl + F5
Ini sudah berulang kali dibahas, fungsinya adalah merefresh tampilan.

4. Cek data semuanya... (dikhawatirkan ada bugs data setelah instal pacth)
Pengecekan haruslah kita lakukan untuk memastikan dapodik kita. Biasaya aja suka rebutan cek data ptk di web p2tk dikdas. Kalau ini di komputer kita sendiri jadi ga rebutan kan.. hehe humor bos,

5. Jika sdah sesuai semuanya klik validasi, jangan dulu klik tombol sinkronisasi.


Pastinya dah tau apa fungsi tombol validasi.

6. Klik update sinkronisasi (di kolom sinkronisasi)
Point 6 ini saya belum paham,, hehe maaf

7. Jika sdah selesai ada keterangan update sinkronisasi baru deh klik tombol sinkronisasi.
 point 7 ini juga belum paham
 
8. Jika sudah berhasil sinkron,  selanjutnya cek data lagi mungkin saja ada data dari server turun ke lokal. cek kalau nanti ada zombi.. hapus data yg salahnya dan lakukan sinkron ulang.
Mungkin yang dimaskud dengan data zombi adalah data dobel atau data dari tempat lain

9. Ada tambahan di 207 ada menu Help (?) Nah lihat2 saja sebagai gambaran tambahan.
Jadi ada menu help di aplikasi versi baru ini.

===================================================================
Dan berikut ini adalah screen shot beberapat tampilan dapodik versi 207 yang bisa saya kumpulkan







============================================================
 Uji Coba versi 207 (1 April 2014)

1. Saya bersihkan dulu komputernya dari bekas2 file dengan menggunakan aplikasi CCleaner.

2. Saya coba memundurkan setting tanggal komputernya menjadi tanggal sebelum 31 Maret 2014 (saya coba menjadi 1 Maret 2014). Dulu saya pernah posting tanggal 1 Februari 2014, boleh2 saja yang penting jangan 31 maret 2014.

3. Saya buka aplikasi Dapodik versi 206 nya untuk mencoba memperbaiki data tanggal lahir. Login, trus edit tanggal lahir siswa. Klik Save, trus keluar dari Aplikasi Dapodiknya.

4. Saya ubah kembali setting tanggalnya menjadi tanggal sekarang (01 April 2014).

5. Saya siapkan patch 207 trus saya instal patch 207

6. Saya isi Username, password dan periode, trus klik Login, sambil tekan tombol F5.

7. Berhasil login, lihat di Beranda masih ada nama operator dan nama kepsek.

8. Saya cek tanggal lahir siswa yang saya ubah pada waktu versi 206, ternyata hasil pengubahannya sudah tersimpan dengan manis, tetapi sekarang sudah terkunci nama dan tanggal lahirnya sehingga tidak bisa diedit lagi.

9. Saya cek data di tab menu yang lain, tidak ada yang aneh (data masih ada).

10. Saya coba klik VALIDASI, ternyata validasi = 0.

11. Klik SINKRONISASI, ternyata tampilannya kosong, sehingga tidak bisa melakukan sinkronisasi.

12. Saya coba membuat file BSD (BSD update Maret), ternyata tidak bisa berhasil, muncul warning: “gagal melakukan koneksi database”. Waktu pake BSD di versi 206 berhasil dengan lancar dan nyaman, terkendali.

13. Saya coba back up dengan menggunakan Dapodik Helper 2014, muncul warning: “Gagal melakukan koneksi database, lanjut restore database?”

Kesimpulan:
Sementara ini jangan terburu-buru Instal Patch 207. Tunggu informasi lebih lanjut dari group FB, operator UPTD maupun operator Kab/Kota, karena ketika kita menginstal patch 207, maka:

1. tidak bisa melakukan sinkronisasi.
 2. tidak bisa membuat file BSD.
3. tidak bisa menggunakan Dapodik Helper.

Lebih baik fokus untuk memperbaiki data NAMA, TANGGAL LAHIR PTK DAN SISWA (caranya: atur tanggal di laptop/kompi menjadi tanggal sebelum 31 Maret 2014) sambil menunggu info terbaru perkembangan patch 207.

Catatan:
Hasil ujicoba saya bisa saja berbeda hasilnya ketika rekan yang lain melakukan ujicoba yang sama. Kalau ujicoba saya salah, abaikan saja dan jangan ditiru.
 ==================================================================
Apabila sudah terlanjur menginstal dapodik 207 maka jika ingin mengembalikan ke versi 206 ikuti langkah berikut:

1. Pastikan sudah punya backupan terbaru atau terupdate dari versi 206.

2. Unsintall apllikasinya 207 sampai bersih .

3. Instal lagi installer 206nya (bukan patch 206)

4. Instal lagi DHnya

5. Restorekan datanya

6. Jika diperlukan install lagi BSDnya

7. Jika mau edit dan fixkan data sebelum 207 silahkan seting tanggal pada komputer sebelum 31 Maret 2014


============================================================== 

 RESIKO MEMUNDURKAN WAKTU LAPTOP



 Yang harus diperhatikan apabila kita memundurkan waktu laptop maka saat proses sinkronisasi akan bermasalah.

================================================================

Jadi kalau akan sinkronisasi pastikan waktu sesuai dengan keadaan sebenarnya

================================================================

 Thanks to: Pak Obengs Bunhaw; Kang Dak; Akon Markon, Noercholish Asir; Edy Vanhoten
----------------------------------------------------------------------------------------------------

Catatan: Jangan tergesa2 untuk mendapatkan versi 207, lebih teliti dalam mengentrykan ke aplikasi, dan pahami dulu prosedur/langkah-langkahnya.

Demikian, mohon maaf jika salah.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-langkah setelah Pacth 207 Dapodikdas Rilis"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel