sering ditanya dijawab dapodik 2018

Alhamdulillah, Semoga selalu dalam curahan kasih sayang Nya.

Aplikasi dapodik versi 2018 merupakan versi baru untuk memulai pendataan dan update data dapodik pada tahun pelajaran 2017/2018. Beberapa ada vitur yang baru yang membuat operator lebih kerja ekstra dianatranya adalah fitur jadwal yang apabila belum valid maka belum bisa melakukan sinkronisasi. Pada postingan ini saya akan coba posting hal-hal yang sering ditanya dan dijawab dalam pengerjaan dapodik yang bersumber dari media sosial, grup operator, teman operator, sahabat operator, dan sedikit pengalaman saya sendiri sebagai operator sekolah.
serig ditanya dan di jawab dapodik versi 2018

1. Bagaimana cara update dapodik 2018?

Jawab: Untuk melakukan update dapodik harus menggunakan installer. Aplikasi dapodik 2017 diuninstal dan instal ulang menggunakan file instaler dapodik 2018.

2. Bagusan mana Registrasi Online atau Registrasi Offline Menggunakan Prefill.

Jawab: Keduanya sama saja, dipengaruhi beberapa faktor. Jika koneksi bagus dan trafik tidak padat bisa menggukan registrasi online. Jika koneksi internet lambat dan tidak stabil bisa mengguakan offline melalui prefiil. Dilihat juga ukuran file prefiill dapodik jika file kecil atau hanya 1 Kb, silahkan generate ulang prefill.

3.Setelah instal nama kepala sekolah tidak tampil di beranda dapodik,

Jawab: Ubah Jenis PTK menjadi Kepala Sekolah. Oh iya untuk tugas tambahan harus tetap diisi ya.
Pilih Menu GTK >>> Guru >>> pilih Guru >>> pilu menu Ubah >>> Kepegawaian >>> Jenis PTK di puluh Kepala Sekolah. Setelah itu ke beranda kemudian refresh CTRL + F5

4. Setelah instal dapodik tidak menerima BOS

Jawab: Isi data periodik sekolah
 Menu Sekolah >>> Data Rinci Sekolah >>> Data Periodik >>> Beserdia menerima BOS? pilih Ya >>> Simpan. Setelah itu ke beranda kemudian refresh CTRL + F5

5. Bagaimana cara cepat menaikan dan meluluskan.

Jawab: Melalui Menu Aksi,

6. Apa untuk memutasikan siswa harus mengeluarkan siswa dari rombel?
Jawab: Seperti di ketahui bahawa pada menu beranda ada tabel rekap siswa dan untuk versi 2018 ada kolom mutasi, jadi dari sini dapat diketahui bahwa untuk memutasikan siswa tidak perlu lagi mengeluarkannya dari rombel langsung pada menu registrasi.

7. Apa ada aplikasi untuk absen pada dapodik?

Jawab: Tidak, Yang ada adalah aplikasi online pada sebuah alamat website http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id

8. Bagaimana cara mengisi jadwal ada aplikasi dapodik.

Jawab: Tentunya diisi sesuai jadwal yang ada atau sesui sk pembagian tugas mengajar. Untuk SD hanya ada mata pelajaran Guru Kelas, Agama, Dan Penjas... ini katitanya dengan kode sertfikasi guru kelas, Agama, dan Penjas.

9. Kapan batas sinkronisasi dapodik versi 2018

Jawab: Untuk pengambilan data peserta didik keperluan alokasi dana BOS adalah Batas waktu : 22 September 2017 Pkl 23:59

10. Apakah Kepala Sekolah tidak Diwajibkan Mengajar

Jawab: Sesuai  PERATURAN PEMERINTAH ATAU PP NOMOR (NO) 19 TAHUN 2017 TENTANG PERUBAHAN PP 74 TAHUN 2008 TENTANG GURU  kepala sekolah tidak wajib mengajar, hanya managerial. Namun jika mengajar ya gak papa. Download PP 19 Tahun 2017
Dan jika dilihat dari hasil download profil sekolah di dapodik kepala sekolah otomatis jumlah jam mengajarnya sudah 24 jam dengan rinjuan Tugas Tambahnyan langsung 24 jam. Dapat di lihat pada menu Pusat Unduhan >>> Manajemen >>> Profil Sekolah

11. Bagaimana mengisi pembelajaran kurikulum 2013

Jawab: Sebelum mengisi ke pembelajaran kurikulum 2013 alangkah lebih baik kita mengetahi struktur kurikulum 201. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH dapat di download pada link ini

12. Link apa untuk mendukung dalam entry data dapodik.

Jawab: Karena kaitanya dengan data NISN kita dapat mengacu pada master data referensi kemdikbud yang beralamat di: http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ pilih menu data master pendidikan. Yand disana ada data PAUD dan SD. Pilih data sekolah nanti akan ada data peserta didik yang ada dalam sekolah tersebut beserta NISN.

13. Bolehkan menggunakan Aplikasi selain dari dapodik untuk mengedit data / masuk ke database dapodik.

Jawab:Ada aplikasi yang bisa mengakses data dapodik untuk keperluan edit data. Ini sangat tidak disarankan. Edit data harus melalui prosedur yang ada yaitu verval PD, Veval PTK, dan Verval SP. Untuk diketahui bahwa pada sistem database ada yang dinamakan id unik pada setiap data yand tidak ditampilkan pada aplikasi dapodik.

Itulah beberapa hal yang sering ditanyakan dan dijawab dalam pengerjaan dapodik versi 2018.
Jika ada yang salah mohon koreksinya, jika ada yang ingin menambahkan kami persilahkan.

Terima kasih kepada: Admin-admin, Admin Dinas, Admin UPT, Sahabat Operator, Group Grand WS, iiN, and YOU.

Semoga bermanfaat

=======================

PENGISIAN JADWAL APLIKASI DAPODIK VERSI 2018


http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/troubleshoot/troubleshooting-pengisian-menu-jadwal

Tanggal : 18 Agustus 2017

Bagaimana jika 1 ruang kelas dijadikan 2 rombel bahkan 3 rombel ?

Jawaban : Dalam 1 ruang kelas urutkan jam pembelajaran sesuai dengan urutan waktu nya. Bisa seperti kelas pagi dan kelas siang. Misal kelas pagi dari Jam pelajaran ke 1,2…, 6 dan kelas siang jam ke 7,8… 12. Sehingga sistem seperti kelas kombinasi pagi dan siang jangan pernah membuat data prasarana ruang kelas baru apabila memang tidak ada prasarananya.


Bagaimana jika Ruangan kelas di bagi 2 dengan sekat triplek/ tidak permanen ?

Jawaban : Dalam isian prasarana R.kelas tetap di anggap 1 ruang saja. Adapun untuk jadwal dibuat seperti pada no.1 , walaupun pada waktu penyelanggaraan sekolah nya di pilih “pagi”.


Mengapa dalam jadwal terdapat deteksi validasi, jika PTK Mengajar di urutan jam pembelajaran yang sama tapi beda rombel akan ditolak di aplikasi?

Jawaban : Solusi pastikan tidak ada jam yang bentrok dalam pengisian jadwal. Jumlah slot jam di jadwal merupakan jumlah dari jam yang di inputkan di pembelajaran. Pastikan jam nya sudah sesuai antara pembelajaran dan jadwal sudah di bagi habis dan tidak bentrok antar rombel.
Definisi jadwal bentrok adalah apabila PTK yang sama mengajar pada jam pembelajaran yang sama pada hari yang sama di prasarana rombel (ruang kelas) yang berbeda.


Dalam pengisian jadwal terdapat baris warna merah, apa penyebab dan dampaknya ?

Jawaban : Jika jadwal tidak urut, missal dari jam pembelajaran ke-2 loncat ke jam pembelajaran ke-4 karena diselingi mapel yang ada di kelompok tambahan yg tidak masuk di jadwal aplikasi dapodik. Maka akan terlihat tidak urut. Dampak nya telihat warna merah seperti di gambar.
Dan ini TIDAK APA-APA. tidak menghambat sync tdk invalid. TIDAK BERMASALAH. hanya mengingatkan jadwal tidak urut.

Karena kekurangan guru, maka 1 guru mengajar lebih dari 1 rombel. Bagaiamana cara input di jadwal ?

Jawaban : Tidak masalah jika memang faktanya demikian. Cara inputnya seperti nomor 1, pastikan tidak ada yang bentrok (mengajar pada urutan jam yang sama pada hari yang sama). Karena sistem validasi aplikasi tidak menerima inputan jadwal yang bentrok.

Bagaimana untuk jadwal upacara, istirahat , ekstrakurikuler ?

Jawaban : Tidak perlu diinputkan ke dalam jadwal, hanya mata pelajaran tatap muka yang sesuai Kurikulum saja yang diinputkan. Upacara, istirahat,  Ekstrakurikuler dan kegiatan kookurikuler lainnya tidak perlu diinput ke jadwal.

Bagaimana cara input untuk mapel Agama yang diajar lebih dari 1 agama?

Jawaban : Sementara pilih saja agama yang mayoritas untuk menghindari deteksi jadwal bentrok.


Mengisi jam guru BK untuk kurikulum 2013 dan KTSP ?

Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam agar tidak muncul slot jam pada menu Jadwal. Karena beban mengajar guru BK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru BK.


Mengisi jam guru TIK untuk kurikulum 2013 ?

Jawaban : Jumlah jam pada pembelajaran diisi dengan 0 jam agar tidak muncul slot jam pada menu  Jadwal. Karena beban mengajar guru TIK dilihat dari rasio murid sejumlah 150 siswa per 1 Guru TIK.


Mengisi jam guru TIK untuk kurikulum KTSP ?

jawaban : Untuk guru TIK yang mengajar pada kkurikulum KTSP dikarenakan jam mapel Teknologi Informasi dan Teknologi masuk pada jam wajib / wajib tambahan, maka harus dimasukkan ke dalam menu jadwal dan memiliki slot jam pada jadwal.


Admin Dapodikdasmen

======================================


TARIK PESERTA DIDIK ONLINE DAPODIK

http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/troubleshoot/troubleshooting-tarik-peserta-didik
Tanggal : 24 Agustus 2017

Bagi Peserta Didik Kleas X, apakah diisikan secara manual atau memanfaatkan fitur Tarik Peserta Didik?

Jawaban : Pengisian Peserta Didik baru lebih efektif memanfaatkan tarik PD dengan melihat kevalidan datanya (nama PD, TTL, NISN, dan nama ibu) , jika data valid lanjut tarik PD. Jika data tidak valid dengan adanya kesalahan perbaiki datanya melalui vervalpd. Hal ini penting dilakukan agar ada kesinambungan data siswa dari jenjang sebelumnya. Kecuali peserta didik dari MI/MTs harus diisikan secara manual.

Apa yang harus dilakukan jika sudah melakukan konfirmasi tarik Peserta Didik, namun belum juga turun ke aplikasi Lokal? apakah harus melakukan entri manual juga?

Jawaban: Jika sudah melakukan tarik Peserta Didik, tidak diperbolehkan melakukan entri manual yang berakibat data ganda. Jika terpaksa harus entri manual dikarenakan blm masuk ke aplikasi lebih baik batalkan tarik Peserta Didik terlebih dahulu dengan syarat masih tampil datanya

Pertanyaan: Bagaimana solusi jika pada saat Tarik PD terdapat data yang hilang atau tidak masuk ke dalam aplikasi ?

Jawaban: Tarik Peserta Didik lebih baik sedikit demi sedikit, untuk menghindari data yang hilang selama syncronisasi yang kemungkinan dikarenakan jaringan yang tidak stabil. Sebelum syncronisasi jangan lupa Klik tombol Konfirmasi terlebih dahulu. Tips nya adalah setelah tarik Peserta Didik lakukan sync, jangan mengumpulkan hasil tarik Peserta Didik terlalu banyak tapi lakukan sync setelah tarik secara bertahap.


Kontributor :
Tim Dapodik
======================================


http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/troubleshoot/troubleshooting-instalasi-aplikasi-dapodikdasmen-v-2018
 Tanggal : 24 Agustus 2017

Saat melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodikdasmen V.2018, muncul pesan “koneksi internet lambat” padahal koneksi internet yang digunakan sekolah sudah cukup memadai ?


Jawaban: Tahap pertama lakukan pergantian koneksi internet misal dari Provider A ke Provider B, jika tahapan ini sudah dilakukan masih belum berhasil melakukan sinkronisasi. Maka coba tambahkan Add On pada Web browser anda security kiss atau Add On yang sejenis.

Aplikasi  dapodikdasmen V.2018 sudah terinstall sesuai dengan tahapan yang benar, namun saat dijalankan tidak bisa dibuka dengan keterangan we are sorry, but someting went terrbily wrong. Apa yang harus dilakukan ?


Jawaban: langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan service database dapodikdasmen. Langkah pengecakan  service database:

    Klik start - klik  run - service.msc, cek service dapodikdb (klik start ), jika dapodikdb running silahkan buka login aplikasinya.
    Jika cara no. 1 belum juga bisa running dapodikdbnya, silahkan buka program file - dapodik. -database ( pastikan file berjumlah 18 file didalam folder database nya ), biasanya ada file yg corrupt atau hilang.



Pada saat validasi data sarpras tertulis data periodik sarana jenis (-) yg berada di dalam Prasarana dengan nama Kelas (-) untuk periode Ganjil / 2017 belum diisi. Padahal di aplikasi sudah diisi.


Jawaban :

    Pastikan data periodik sudah terisi dengan benar dan sukses tersimpan.
    Pastikan tidak ada data sarana di menu Sarana telah Hapus Buku yg dihapus tanpa mengisi data periodik.



Kontributor :

Tim Dapodik

================================

Notifikasi Error , Data Periodik Sarana dan Hapus Jadwal


http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/troubleshoot/troubleshooting-instalasi-aplikasi-dapodikdasmen-v-2018
Tanggal : 24 Agustus 2017

Mengapa terjadi Error pada saat simpan hasil perubahan pada pengisian formulir Peserta Didik atau PTK?


Jawaban : Perubahan data peserta didik pada kolom kecamatan tidak menggunakan prosedur yang sesuai. Gunakan prosedur pemilihan kecamatan sesuai dengan pilihan yang muncul pada aplikasi, TIDAK BOLEH diketik pada saat isikan datanya juga pada pilihan kewarganegaraan harus memilih berdasarkan pilihan, bukan dengan diketik.



Mengapa pada menu validasi terdapat data sarana yang masih INVALID untuk Data Periodiknya?




Jawaban : Isikan jumlah data periodik pada sarana yang sudah berada pada pilihan hapus buku dan juga sarana yang masih aktif. Cek kembali isian jumlah-jumlah sarana aktif maupun sarana yang telah hapus buku, pastikan semuanya terisi untuk jumlahnya


Mengapa terjadi pesan “Obyek jadwal tidak ditemukan” ketika menghapus ‘Jam Pembelajaran Ke-‘ pada menu Jadwal?





Jawaban : Hal ini disebabkan adanya perubahan prasarana pada rombongan belajar, yang semula rombongan belajar AA menggunakan prasarana RK2 , tapi operator langsung mengubah data prasarana RK 2 menjadi RK 4 pada menu rombongan belajar.

Solusi untuk menghapus jadwal apabila terjadi hal tersebut maka operator sekolah harus mengembalikan data prasarana pada rombongan belajar tersebut. Maka nanti akan dapat dihapus.


Admin Dapodikdasmen 

4 Komentar untuk "sering ditanya dijawab dapodik 2018"

  1. Menurut pengalaman saya,, paling banyak pertanyaan tentang dapodikdasmen adalah tidak terkoneksi dengan database ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah berbagi pengalaman, betul,, banyak yang seperti itu,, tapi saat ini sudah dapat di atasi dengan pacth,

      terima kasih telah berkunjung...

      Hapus
  2. Mau nanya utk masalah kepala program studi di smk apakah bisa tidak diakui dan apa sebabnya

    BalasHapus
  3. Data dapodik dengan data verval PD ngga sama. Padahal sudah singkron ber x x

    BalasHapus
Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel