Mengubah Huruf Besar Kecil Maupun Besar di Awal Kata Pada Excel

Diposting oleh: masinggih

Malam ini terasa dingin, tetapi belum juga bisa tidur. Untuk saya coba sharing tentang rumus microsoft excel yang berguna untuk mengubah teks huruf besar semua, huruf kecil semua, dan huruf Besar di awal kata. Kalau di micosoft word disebut change case. Pada micosoft excelpun bisa, tetapi menggunakan rumus, yaitu proper, upper, dan lower. Untuk lebih jelasnya akan kami beri contoh pada postingan ini yang mana judulnya lumayan panjang.

Sebagai operator sekolah / tenaga administrasi, tentunya kita sering mendata nama siswa. Terkadang ada format yang harus menggunakan huruf bersar semua/kapital semua, atau hufuf besar di awal kata. Tetapi tidak mungkin penulisan nama menggunakan huruf kecil semua. Untuk penulisan nama orang yang benar sepertinya bukan memakai huruf besar semua, tetapi untuk lebih akuratnya bisa menanyakan ke ahli tata bahasa ataupun guru bahasa Indonesia. Karena saya sendiri kurang paham. Sepertinya ini juga berhubungan dengan penulisan gelar. Akan tetapi yang perlu diingat, untuk pendataan nama seperti dapodik atau hal yang berhubungan dengan database tidak menggunakan gelar. Gelar bisa dientrykan pada riwayat pendidikan atau kolom gelar tersendiri. Adapun untuk penulisan hufuf kapital digunakan pada pengisian formulir manual, dengan tujuan agar mudah dibaca. Ketika saya mengentry nama pada aplikasi pendataan, ataupun untuk data keperluan sendiri, saya lebih sering menggunakan huruf besar di awal kata. Dan berikut ini tampilan screen shotnya, dengan kolom teks asli di kolom B, rumus upper di kolom C, rumus lower di kolom D, dan rumus Proper di kolom E.

proper upper lower rumus huruf besar kecil otomatis excel

Apabila kita sudah punya data nama siswa entah itu dengan huruf kapital atau kecil semua, kita bisa mengolahnya di excel sesuai kebutuhkan dengan rumus yang telah saya sebut diawal postingan. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar diatas, dan berikut ini fungsi dari rumus tersebut.
  1. upper: digunakan untuk mengubah menjadi teks huruf besar/kapital semua. Cara penggunaanya ketikan =upper(cells dimaksud) kemudian enter. Misal =UPPER(B2)
  2. lower: digunakan untuk mengubah teks menjadi huruf kecil semua. Cara penggunaanya ketikan =lower(cells dimaskud) kemdian enter. Misalnya =LOWER(B2)
  3. propoer: digunakan untuk mengubah teks menjadi huruf besar diawal kata. Cara penggunaanya ketikan =proper(cells dimaksud) kemduian enter.Misalnya =PROPER(B2)
Kita bisa copy paste hasil pengolahan teks itu untuk keperluan lain, tetapi jangan lupa gunakan paste value, untuk mengcopy isinya saja. Karena kalau dicopy paste langsung yang akan tercopy adalah rumusnya. Untuk lebih mengetahui paste value bisa lihat postingan sebelumnya berjudul: Paste Values Pada Excel

Demikianlah cara pengolahan teks huruf besar, kecil, maupun besar kecil pada microsoft excel. Baca juga tentang Menyembunyikan Baris dan Kolom pada lembar kerja microsot excel . Sekian, semoga berguna untuk Anda... Terima kasih



Deuniv Blog Updated at: 07:57

2 komentar:

  1. nek nyang besar huruf awalnya saja gmn gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. propoer: digunakan untuk mengubah teks menjadi huruf besar diawal kata. Cara penggunaanya ketikan =proper(cells dimaksud) kemduian enter.Misalnya =PROPER(B2) :)

      Hapus

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...