Mengetik Rumus Matematika Pada Microsoft Word

Operator Sekolah (OPS) secara langsung berhubungan dunia pendidikan termasuk guru. Dimana guru tersebut adalah guru kelas maupun guru matematika. Karena jika seorang guru mengajar matematika tentunya akan menulis soal matematika. Diera komputer ini dan sudah tentu seorang guru profesioanal memiliki komputer. Ketika kita menulis soal matematika agak lumayan ribet saat mengetik rumus matematika jika belum ketemu caranya, hehe ya iya lah... Tetapi tenang saja, pada microsoft word program pengolah kata yang bisa diandalkan untuk hal penulisan rumus matematika maupun bilangan dan simbol matematika yaitu dengan menu equation. Dengan menu equation ini, kita bisa menuliskan akar, pangkat, bilangan pecahan, sigma, integral, sin, cos, log, dan simbol-simbol matematika lainnya. Berikut ini saya akan coba tunjukkan langkah-langkah menulisnya.

1. Setelah kita membuka program aplikasi microsoft word kita pilih ke Ribbon Insert --- kemudian pilih klik icon Equation --- pilih Insert New Equation
menulis rumus matematika di ms word

2. Pilih model yang akan dibutuhkan, misal kita akan mengetik akar pangkat tiga dari 5832.
Insert New Equation Word 2007

3. Kemudian kita tinggal mengetikankan angkanya pada kotak yang tersedia
cara menulis akar pangkat di ms word

4. Setalah itu kita atur letaknya sesuai dengan keiinginan termasuk ukuran hurufnya
cara mengetik akar pangkat 3 di word

5. Untuk pengetikan rumus lain, silahkan sesuaikan dengan gambar iconnya, ada symbol, fraction, script, radical, integral, large operator, bracket, function, accent, limit and log, operator, matrix.
menu Insert New Equation Microsoft Word

Demikianlah cara mengetik/menuliskan rumus matematika pada microsoft word dengan mudah. Untuk tampilan tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2007. Secara umum untuk versi word diatasnya (Word 2010, Word 2013) masih sama. Baca juga cara membuat daftar isi pada microsoft word dengan rapi. Demikian tutorial kali ini, mudah-mudahan berguna khususnya untuk guru matematika dan untuk pembaca sekalian pada umumnya. Terima kasih telah mengunjugi blog ini, silahkan baca juga totorial lainnya, semoga bermanfaat.

4 Komentar untuk "Mengetik Rumus Matematika Pada Microsoft Word"

  1. Nice Postingannya gan bermanfaat buat yang masih belajar ;)

    Blogwalking dari: BLOG.MR.W maaf telat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok, gan... makasih bwat kunjungannya ya...

      Hapus
  2. trimaksih buat infonya,,
    semoga bermanfaat,,

    BalasHapus
Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel