Membuat Spin Buton untuk Aplikasi Excel Vlookup

Hallo pembaca, terima kasih sudah menyempatkan untuk mengunjungi deuniv blog. Kesempatan ini postingannya masih tentang mocrosoft excel  lagi. Karena kategori label pada blong ini akan lebih banyak membahas tutorial microsoft office, yang tentunya sangat berhubungan dengan kegiatan administrasi di sekolah. Aplikasi Micsoft office ada banyak macamnya, seperti Misrisoft Word, Microsoft excel, Power Point, Microsoft Access. Untuk tutorial di blog ini, kami masing menggunakan Versi Microsoft Office 2007. Kalau begitu langsung saja ke postingannya.

Pada aplikasi yang menggunakan dasar vlookup pasti sering ditemui spin button. Spin Button ini fungsinya untuk memasukan data nomor pada sebuah cells, kita hanya tinggal klik saja sipin button ini yang bergambar mata anak panah atas dan bawah. Atas untuk menambah dan bawah untuk mengurangi, sesuai kelipatan yang telah ditentukan. Saya akan contohkan pada aplikasi amplop surat sebagai berikut:

1. Klik menu Developer ----- Insert ----- pilih spin button.
menu spin button di developer

2. Setelah itu kita tempatkan pada lembar kerja, atur sesuai keinginan.
format control spin button

Lanjut kita mengatur Format Controlnya dencan cara klik kanan pada spin button ----- pilih format control. Pada format control ada isian sebagai berikut:
Incremental change: diisi satu sata (untuk kelipatan)
Cell link: diisi cell yang dimaksud. Kita tinggal klik saja tanda icon anak panak kecil itu, kemudian kita klik cells yang dituju, kemudian OK

Demikianlah tutorial tentang proses pembuatan aplikasi pada excel yang berbasis vlookup dengan nenambahkan spin button supaya mempudahkan pengguna aplikasi. Baca juga tulisan sebelumnya tentang menentukan nama cells pada excel untuk mempermudah menggambil data referensi. Kalau suka postingan ini di like ya... ataupun dibagikan dan komentar juga boleh,, terima kasih, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Spin Buton untuk Aplikasi Excel Vlookup"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel