Memberikan Nama Cell atau Range pada Excel

Diposting oleh: singgih

Postingan kali ini masih berhunungan dengan aplikasi berbasis excel, yang sebelumnya adalah bagaimana cara membuat hyperlink pada excel. Sekarang kita akan bahas bagaimana memeberikan nama cells ataupu range (kumpulan cells) pada penyusunan aplikasi. Fungsi pemberian nama ini untuk mempermudah jika kita memerlukan data yang sama dengan cell tersebut, bahkan untuk mempermudah membuat hyperlink.

Pada aplikasi amplop berbasis excel yang telah kami posting sebelumnya, saya membuat sheet yang berisikan data instansi dimana data ini akan digunakan untuk keperluan sheet yang lainnya. Berikut ini tampilannya.
memberi nama cells pada excel

Pada cell Nama Sekolah, saya tentukan nama cellnya yaitu "namasekolah". Jika pada sheet lain kita memerlikan nama sekolah tersebut, kita tinggal menuliskan saja dengan rumus =namasekolah maka akan muncul nama sekolah yang telah ditulis pada sheet data instansi, dalam artian pada cells yang telah diberi nama tadi. Seperti ini gambarnya:
menentukan nama cells untuk mempermudah mengambil data

Sekalian pada postingan ini saya tampikan bagaimana menggabungkan 2 (dua) data atau lebih yang menggambil dari cells lain.
cara menggabungkan dua data cell pada excel

Pada gambar diatas, membuat kop surat dimana menampilkan nomor telepon dan website, pada cells yang ada pada sheet data instansi yang keduanya terpisah, yang mana sudah diberi nama.
Maka kita tinggal menambahkan tanda "&" (dan)

="Telepon "&telepon&", Website "&website 

Keterangan:
"Telepon " ----> karakter yang harus didalam tanda petik
telepon ------> nama cells
& ------> tanda "dan" penghubung, Anda bisa menngunakan tanda & ini lebih dari 2 (dua). Untuk data yang lebih banyak.
", Website "  ------>  karakter yang harus didalam tanda petik
website ------> nama cells

Serperi itulah menentukan nama cells maupun range pada excel. Cara seperti ini biasa kita temukan pada aplikasi berbasis excel. Mudah bukan?  dan selamat berkarya. Baca juga postingan membuat hyperlink pada excel. Jika ada pertanyakaan, silahkan berkomentar pada kotak komentar tersedia, jika ada kesempatan kami akan berusaha untuk membalasnya. Semoga totorial tentang microsoft excel ini bermanfaat.



Deuniv Blog Updated at: 14:13

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...