Cara Membuat Tombol Link di Micosoft Excel

Diposting oleh: masinggih

Apa kabar pembaca... terima kasih telah mengunjungi blog sederhana ini. Semoga pembaca dalam keadaan bahagia :) . Pada kesempatan ini saya akan posting tentang aplikasi berbasis excel. Kita tahu excel menjadi sofware aplikasi yang terkenal untuk direkayasa menjadi aplikasi terapan lainnya. Dalam sebuah aplikasi berbasis excel kita sering menemukan tombol yang apabila di klik menuju sheet lain. Tidak hanya sheet lain kita juga bisa menghubungkan ke cells lain, atau aplikasi lain, bahkan link ke website maupun blog. Hal ini biasa disebut link. Link pada excel ini tidak sebatas untuk tombol, gambar dan tulisanpun bisa dijadikan link.

Berikut ini adalah cara membuat link pada microsoft excel.
1. Klik kanan gambar/tulisan/shape
2. Kemudian klik kanan ---> pilih hyperlink
membuat tombol hyperlink pada excel

3. Kita akan menghubungkan pada sheet lain, maka kita pilih Place in this document --- kemudian pilih cell reference --- kemudian pilih sheet mana yang akan di tuju --- kalau sudah tekan ok.
membuat Place in this document excel

Disini ada banyak pilihan diantaranya:
Existing file or web page: bisa digunakan untuk membuka file yang ada atau membuka website.
Plase in this document: menghubungkan yang ada pada file excel tersebut, bisa cells, sheet, maupun range yang sudah ditentukan namanya. Untuk menentukan nama pada sebuah range atau cell akan coba kami posting pada kesempatan lain.
Lihat video tutorialnya pada link berikut: https://youtu.be/HxTbUB2x-wY

Demikianlah cara "menlinkan..." tombol pada pembuatan aplikasi berbasis excel, lihat juga postingan sebelumnya tentang: menyembuyikan kolom maupun baris pada excel yang tidak terpakai. Semoga bermanfaat ya...



Deuniv Blog Updated at: 07:42

2 komentar:

  1. Izin sedot gan ilmunya untuk menambah referensi
    Thanks, semoga sukses selalu dan berkah ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan terima kasih kembali,, makasih doanya... aamiin

      Hapus

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...