Tips Melakukan Pencarian di Google

Sebagai pengguna internet sudahlah tidak asing lagi dengan mesin pencari google. Google merupakan raksasa mesin pencari yang bisa melakukan pencarian terhadap artikel, berita, gambar, video, dan file. Karena konten yang ada di Internet sangatlah banyak ada beberpa tips dan trik agar hasil pencarian kita sesuai yang kita inginkan. Apalagi sebagai operator sekolah yang kadang suka dimintai bantuan guru untuk memperoleh informasi ataupu artikel tertentu. Beberapa tips dan trik diantaranya sebagai berikut.

1. Memberi tanda kutip pada kata pencarian

Dengan memberi tanda kutip pada kata-kata yang anda cari akan membuat Google menampilkan hasil yang benar-benar sesuai dengan kata tersebut. Sebagai contoh "blogger adalah" maka akan muncul hasil pencarian yang didalamnya terdapat kedua kata tersebut yang sama persis atau berdekatan. Kita bisa melakukannya lebih dari 2 kata. Trik ini bisa juga untuk memeriksa keaslian dari sebuah artikel apakah copy paste atau tidak. Kalau anda sebagai guru anda bisa megecek hasil tugas siswa apakah siswa hanya mengcopy paste dari internet.
pencarian google dengan tanda petik


2. Menambahkan tipe file pada kata pencarian

FILETYPE: Menampilkan hasil pencarian berupa suatu jenis (ekstensi) file tertentu. Jenis file yang biasa dicari adalah: doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt, .dsb. Berikut adalah contoh yang akan menampilkan hasil pencarian berupa file PDF yang mengandung kata kunci juknis bos 2015 filetype:pdf
pencarian google dengan tipe file



3. Membatasi pencarian di satu situs alamat website

SITE: Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditentukan. Misalnya kita akan melakukan pecarian dengan kata kunci daftar nilai pada blog ini. Maka ketikan daftar nilai site:deuniv.blogspot.com
pencarian google satu website

4. Menambahkan tanda tidik diikuti tipe atau jenis file

Cara ini hampir sama dengan filetype: Kita akan melakukan pencrian berupa jenis file terntentu .mp3 .doc, .xls, .rtf, .swf, .ps, .lwp, .wri, .ppt, pdf, mdb, txt, Misalnya kita akan melakukan pencarian lagu daerah lir ilir, maka kita bisa melakukan pencarian dengan kata kunci lir ilir .mp3. Tetapi pencarian ini tidak sespesifik filetype karena ini hampir sama dengam pencarian melalui teks judulnya saja.

melakukan pencarian mp3 di google

Demikianlah 4 tips sering dipakai untuk melakukan perncarian pada mensin pencari (search egine) GOOGLE. Semoga kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang sesuai. Mudah-mudahan berguna.
 Baca juga Cara Membuat Email Gmail Lengkap

1 Komentar untuk "Tips Melakukan Pencarian di Google "

  1. bisalah saya diberitahu, bagaimana supaya cepat loading dalam melakukan pencarian di youtobe. hp nya vivo y31. tmksh dulu atas kesediaannya memberikan pengetahuan.

    BalasHapus
Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel