Tips Agar Memudahkan Entry Nilai Excel

Entry nilai meski hal yang mudah tetapi butuh ketelitian karena ini menyangkut nilai siswa. Sebagai Operator Sekolah saya tidaklah asing jika disuruh mengentry nilai untuk rekap atau untuk keperluan yang lain. Ada beberapa hal yang saya gunakan di microsoft excel yang bisa membuat entry nilai menjadi lebih nyaman. Dan berikut ada tiga hal dilakukan:

1. Membuat Freeze Panes untuk kolom dan baris

Dengan menggunakan ini, maka kita bisa mengatur agar kolom dan baris tertentu supaya selalu terlihat meskipun discroll, kalau saya bilang seperti melipat. Disini kita akan selalu menampilkan kolom nama siswa dan baris mapel. Untuk itu kita buat Freeze Panesnya dengan cara: Klik cell 12 >>> Pilih menu tab View >>> Freeze Panes >>> Freeze Panes. Hasilnya dapat kita lihat dalam gambar dibawah ini.

freeze panes pada daftar nilai
membuat kolom dan baris terlihat

 2. Membuat tiap lima baris berbeda borders.

Dengan cara ini kita bisa lebih mudah dalam mengentry nilai, karena tampilan nya bisa mengontrol sampai baris mana nilai yang sedang kita entrykan. Ini didukung tentunnya dengan blangko nilai yang kita serahkan ke guru, telah dibuat sama tentunya. Silahkan baca Cara Membuat Borders Daftar Nilai.

3. Memasang dan menggunakan icon paste values.

Dengan ini kita bisa mudah mengkopy paste dari dari data lain file. Ini biasa digunakan apabila Guru sudah memiliki data di excel namun format sajian tabelnya bebeda maka kita cukup copy paste saja nilainya. Supaya tidak merubah format tabel yang kita buat, hanya ingin mencopy datanya saja maka kita harus menggunakan paste value. Untuk lebih memahami silahkan lihat tentang Paste Values pada postingan Paste Values Pada Excel . Disini kita akan memunculkan icon paste value dengan cara:
- Klik Menu >>> Excel Options
excel options add icon

- Pilih Customize >>> Home Tab >>> Paste Values >>> Add >>> Lalu OK
menambahkan icon paste values

- Icon Paste Values sudah muncul, sehingga ketika nanti mau melakukan Paste Values kita tinggal klik Icon Tersebut.
menampilkan icon paste values excel

Sekian postingan singkat dari saya, dan terima kasih,
download file 
+ Postingan Sebelumnya:  Tips Mencetak Daftar Nilai Pada Excel Ukuran Kertas F4
+ Postingan Selanjutnya: Data Validatioan Pada Excel untuk Kontrol Entry Data

2 Komentar untuk "Tips Agar Memudahkan Entry Nilai Excel"

Silahkan berkomentar sesuai pendapat Anda...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel